Mari kita bermimpi tentang masa depan open source dan Linux

Saya tidak tahu apa yang terjadi hari ini dengan saya sehingga berpikiran menulis artikel ini, tapi niat menulis ada, agar orang tertarik membacanya.
Jadi apa yang kita miliki sekarang:

  1. Distribusi Linux yang beraneka ragam;
  2. Keamanan penuh dari OS berbasis Linux;
  3. Support dari beberapa produsen perangkat keras dan ketersediaan perangkat lunak non-MS OS;
  4. Kepopuleran Linux di dunia Internet.
Kemungkinan besar (setidaknya pemikiran saya) semua varietas sistem operasi berbasis Linux akan berkurang, bukan berarti buruk, tetapi karena biaya tambahan waktu dan usaha, akan lebih baik  pengembang menggabungkan beberapa distro kecil untuk perbaikan sistem, daripada menghamburkan upaya pada satu set proyek yang lebih kecil dan kurang populer. Bisa Anda bayangkan jika pengembang-pengembang distribusi kurang populer bersatu. Saya pikir akan lebih produktif.

Sebagai contoh nyata, WIndows Mobile dikalahkan oleh Android (Kernel Linux). Sebenarnya jika memang ada niat dari pengembang untuk bersatu kemudian membuat sebuah distro Linux satu saja tetapi sangat berbobot, saya yakin WIndows PC juga akan tergeser.

Kesimpulan:
Dalam mimpiku, Microsoft pasti mati, dan semua software proprietary-nya, Linux akan menguasai dunia dan semua akan bahagia dengannya. Yah, aku berharap mimpi itu terwujud di masa depan.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Internet / other dengan judul Mari kita bermimpi tentang masa depan open source dan Linux. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bisidamuda.blogspot.com/2012/05/mari-kita-bermimpi-tentang-masa-depan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Bisidamu

4 komentar untuk "Mari kita bermimpi tentang masa depan open source dan Linux"

  1. semoga terwujud mimpinya gan, heee, saya pernah nyoba ubuntu tapi sangat sulit untuk dioperasikan, saya cari tutorialnya masih jarang...

    ReplyDelete
  2. Emang perlu perjuangan kita Gan... Biar orang2 melek Opensource... :D

    ReplyDelete
  3. Linux itu sangatlah sulit ketergantungan paket atau istilahnya dependensi antara distro linux satu dengan distro linux yang lainya sangat berbeda-beda belum lagi antara gnome, kde, xfce, lxde serta kernel lama ke kernel lebih baru, xorg-server lama ke xorg-server, alsa lama ke alsa lebih baru, paket*.deb serta paket*.rpm, proses upgrade/downgrade dlsb. Harapan satu satu nya adalah ANDROID FOR PC. Semoga, semoga, semoga.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas. Sudah ada kok Android for Netbook.. Tapi memang belum sepenuhnya untuk desktop... Aamiin... :)

      Delete