Apa itu Linux dan mengapa begitu Populer?

Setiap komputer desktop menggunakan sistem operasi. Sistem operasi yang paling populer digunakan saat ini adalah:

  • Windows
  • Mac OS
  • UNIX

Linux adalah sistem operasi - sangat mirip UNIX - yang telah menjadi sangat populer selama beberapa tahun terakhir.
Sistem operasi adalah program komputer. Sebuah sistem operasi adalah bagian pertama dari perangkat lunak yang menjalankan komputer saat Anda menghidupkan mesin. Sistem operasi load dirinya ke memori dan mulai mengelola sumber daya yang tersedia pada komputer. Ini kemudian menyediakan sumber daya untuk aplikasi lain yang pengguna inginkan. Layanan khas yang sistem operasi sediakan meliputi:

  1. Sebuah scheduler tugas - tugas scheduler mampu mengalokasikan eksekusi CPU ke sejumlah tugas yang berbeda. Tugas scheduler adalah bagian dari sistem operasi yang memungkinkan Anda mencetak dokumen dari pengolah kata Anda dalam satu jendela saat Anda men-download file di jendela lain dan menghitung ulang spreadsheet di jendela ketiga.
  2. Sebuah manajer memori - Manajer memori mengontrol sistem RAM dan biasanya menciptakan lebih besar memori virtual menggunakan ruang file pada hard disk.
  3. Sebuah manajer disk - The disk manager menciptakan dan memelihara direktori dan file pada disk. Bila Anda meminta sebuah file, disk manager membawanya dari dalam disk.
  4. Sebuah manajer jaringan - Manajer jaringan mengontrol semua data yang bergerak antara komputer dan jaringan .
  5. Jasa manajer - OS mengelola Keyboard , Mouse , tampilan video , printer , dll
  6. Keamanan manager - OS memelihara keamanan informasi dalam file komputer dan kontrol yang dapat mengakses komputer.

Sebuah sistem operasi biasanya juga menyediakan antarmuka pengguna default untuk sistem. "Melihat" standar dari Windows 98 mencakup tombol Start, task bar, dll Mac OS memberikan penampilan yang sama sekali berbeda untuk komputer Macintosh.
Linux adalah fenomena karena merupakan sistem operasi. Untuk memahami mengapa Linux telah menjadi begitu populer, akan sangat membantu untuk mengetahui sedikit tentang sejarahnya. Versi pertama dari UNIX pada awalnya dikembangkan beberapa dekade yang lalu dan digunakan terutama sebagai sistem operasi penelitian di universitas. Workstation desktop bertenaga tinggi dari perusahaan seperti Sun menjamur pada 1980-an, dan mereka semua didasarkan pada UNIX. Sejumlah perusahaan memasuki bidang workstation untuk bersaing dengan Sun: HP, IBM, Silicon Graphics, Apollo, dll Sayangnya, masing-masing memiliki versi sendiri dari UNIX dan ini membuat penjualan perangkat lunak sulit. Windows NT adalah jawaban Microsoft untuk pasar ini. NT menyediakan jenis yang sama fiturmya seperti sistem operasi UNIX - keamanan, dukungan multi prosesor, skala besar memori dan manajemen disk, dll - tetapi tidak dengan cara yang kompatibel dengan aplikasi Windows kebanyakan.
Masuknya Microsoft ke arena workstation high-end membuat perubahan aneh. Sistem operasi proprietary milik perusahaan yang terpisah dan tidak adanya otoritas sentral dalam dunia UNIX, UNIX dilemahkan, tetapi banyak orang memiliki masalah pribadi dengan Microsoft. Linux melangkah ke dalam lanskap aneh dan menangkap banyak perhatian.
Kernel Linux, diciptakan oleh Linus Torvalds, dibuat tersedia bagi dunia secara gratis. Torvalds kemudian mengundang orang lain untuk menambah kernel asalkan menjaga kontribusi mereka gratis. Ribuan programmer mulai bekerja untuk meningkatkan Linux, dan sistem operasi berkembang dengan pesat. Karena gratis dan berjalan pada PC platform, ia memperoleh khalayak yang cukup besar antara hard-core pengembang sangat cepat. Linux memiliki pengikut yang berdedikasi dan menarik bagi beberapa jenis orang:

  • Orang yang sudah tahu UNIX dan ingin menjalankannya pada PC-jenis perangkat keras
  • Orang yang ingin bereksperimen dengan prinsip sistem operasi
  • Orang yang membutuhkan atau ingin banyak kontrol atas sistem operasi mereka
  • Orang yang memiliki masalah pribadi dengan Microsoft

Secara umum, Linux lebih sulit untuk diurus daripada Windows, tetapi menawarkan lebih banyak fleksibilitas dan opsi konfigurasi. Seorang yang dinamis, tidaka akan bosan berlama-lama dengan Linux.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Microsoft Windows / other dengan judul Apa itu Linux dan mengapa begitu Populer?. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bisidamuda.blogspot.com/2012/04/apa-itu-linux-dan-mengapa-begitu.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Bisidamu

Belum ada komentar untuk "Apa itu Linux dan mengapa begitu Populer?"

Post a Comment