Salah Kaprah Tentang GNU/Linux

Dari beberapa kegiatan mengenalkan Linux di beberapa tempat, saya sering menemukan beberapa pandangan SALAH KAPRAH dari masyarakat yang belum begitu mengenal Linux.



Dibawah ini saya tulis beberapa Salah kaprah yang saya temukan tersebut:

  1. Linux sulit diinstall. Yang benar, Linux dapat langsung digunakan tanpa harus diinstall.
  2. Linux sulit dipelajari. Yang benar, Linux dapat langsung digunakan, tanpa harus dipelajari.
  3. Linux tidak support banyak hardware. Yang benar, sebagian pembuat Hardware tidak support Linux (tidak merilis driver untuk Linux).
  4. Linux tidak manusiawi (user friendly). Yang Benar, ada manusia yang tidak mau berteman dengan Linux.
  5. Linux susah dipakai. Yang benar, Manusia itu sendiri yang tidak mau belajar menggunakan Linux (belum mencoba sudah bilang susah).
  6. Linux itu Free (Gratis). Yang benar, tidak semua Aplikasi di Linux gratis, yang dimaksud Free adalah Freedom (Kemerdekaan) atau bebas Menggunakan untuk apa saja, mempelajari cara kerjanya, bebas mengcopy, bebas mengembangkan dan menyebarluaskan hasil modifikasi­nya.
  7. Linux tidak ada duitnya. Yang benar, duit akan datang jika pengguna Linux membutuhkannya.
  8. Linux kebal terhadap Virus. Yang benar, Linux menggunakan sistem keamanan jauh lebih ketat. Setiap user memiliki hak akses dan properti yang berbeda-beda. Jika virus tidak memiliki hak akses, maka virus tersebut tidak akan bisa menyerang karena Default user Linux adalah user biasa bukan Root (Administrator)
Itu tadi beberapa hal yang salah tentang GNU/Linux yang sudah beredar di masyarakat. Semoga masyarakat kita menyadari akan adanya HAKI, IGOS dll yang semuanya perlu diberdayakan bukan hanya sebagai wacana belaka.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Microsoft Windows / other dengan judul Salah Kaprah Tentang GNU/Linux. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bisidamuda.blogspot.com/2012/06/salah-kaprah-tentang-gnulinux.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Bisidamu

4 komentar untuk "Salah Kaprah Tentang GNU/Linux"

  1. yups, tugas besar mengenalkan open source agar lebih dikenal masyarakat

    ReplyDelete
  2. wah ternyata semua yang aku kira salah...maksih mas telah memberi penjelasan...alhamdulillah nih punya sobat ahli di linux aku bisa belajar banyak dari mas

    salam---

    ReplyDelete
  3. @ndaroini, benar2 besar Gan. Sampai sekarang belum sukses2 juga...
    @joe tlaga, salam juga Gan... Gak juga, saya masih belajar Gan...

    ReplyDelete