DorkBot.Bx, Program Jahat yang Beroperasi di Akhir Tahun

Jakarta - Di awal dan akhir tahun, para pembuat malware mengeluarkan varian malware yang memiliki cara-cara baru dalam menginfeksi komputer. Firma antivirus Vaksincom mendeteksi malware terbaru yang tengah gencar menyebar bulan ini.

Malware tersebut terdeteksi sebagai Trojan.Generic.KD.440xxx atau W32.Dorkbot.Bx. Jika sebelumnya pernah menyebar varian trojan BitCoinMiner dan trojan Kolab, varian ini adalah 'jelmaan baru' dari trojan BitCoinMiner yang menggunakan metode trojan Kolab.

Entah, apakah merupakan buah hasil 'merger' antara pembuat malware tersebut, atau justru memang karya baru. Seperti apa dan bagaimana DorkBot.Bx bekerja?

Seperti dijelaskan Vaksincom melalui keterangannya, Selasa (6/12/2011), keluarga ZBOT pencuri data dan pengirim pesan umumnya malware ZBOT. Ini adalah sekelompok trojan/backdoor yang dirancang untuk mencuri informasi atau data pengguna komputer terutama hal-hal yang berhubungan dengan data pribadi keuangan, yang berhubungan dengan internet banking.

Varian trojan DorkBot.Bx, adalah merupakan salah satu varian dari malware ZBOT yang muncul pada awal bulan Desember 2011. Sama seperti trojan BitCoinMiner, varian DorkBot.Bx pun memiliki kemampuan mencatat informasi/data yang berhubungan dengan data pribadi seperti username, password, kartu kredit, dan lain-lain.

Tak hanya itu, komputer yang sudah terinfeksi trojan pun dijadikan alat untuk ikut memecahkan blok-blok kriptografi BitCoin menggunakan akun BitCoin dari si pemilik trojan.

Source.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Internet / other dengan judul DorkBot.Bx, Program Jahat yang Beroperasi di Akhir Tahun. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bisidamuda.blogspot.com/2011/12/dorkbotbx-program-jahat-yang-beroperasi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Bisidamu

6 komentar untuk "DorkBot.Bx, Program Jahat yang Beroperasi di Akhir Tahun"

  1. Berarti harus update antivirus terus nih mas.
    thanxs infonya.

    ReplyDelete
  2. Iya Mas. Update anti virus itu Wajib hukumnya... :D

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah masih aman pakai Avast. Kalau pake AV lokal mungkin belum terdetect

    ReplyDelete
  4. Apapun Antivirusnya kalo setiap hari Update pasti aman... :)

    ReplyDelete
  5. aku kan pake linux. jadi InsyaAllah aman... he..he..he...

    ReplyDelete