OMHAX

Jejaring Sosial asli Indonesia

Dulu saya pernah menulis tentang Fupei disini. Saya menulis ulang ini karena ada salah satu teman di KLIP mengatakan bahwa Facebook disinyalir adalah milik orang Yahudi. Menurut saya gak papa sih, tergantung niat kita menggunakan situs itu untuk apa. Kalo untuk menjalin silaturahmi aja saya kira gak papa. Tapi karena ingin mencintai budaya sendiri, Fupei adalah pilihan tepat sebagai tempat migrasinya. Mudah-mudahan tidak menjadi penghalang iman. Amin. Silahkan daftar disini dan search nick saya "lee_bra".



FUPEI (Friends Uniting Program Especially Indonesian) adalah sebuah situs jaringan sosial yang berdiri pada bulan Mei 2004 menyediakan ruang gerak untuk kegiatan pertemanan bagi penggunanya secara interaktif. Berawal dari booming situs-situs jaringan sosial seperti friendster pada tahun 2004, FUPEI yang turut ikut memberikan sebuah ruang untuk pengguna internet di Indonesia merupakan sebuah bentuk user-generated-content yang mencakup foto, musik, video, dan lain-lain. Pengguna-pengguna tersebut kemudian dikenal dengan nama fupeis.

Sejarah


FUPEI yang berdiri pada bulan Mei 2004 didirikan oleh Sanny Gaddafi. Pada mulanya, ide dasar untuk membangun situs ini berawal dari hanya sebuah hobi yang dipicu oleh merajalelanya Friendster pada saat itu. Namun, lama kelamaan FUPEI mendapat tanggapan yang positif dari pengguna internet di Indonesia. Sejak pertama diluncurkan, pendaftar-pendaftar di FUPEI setiap hari terus bertambah. Hal ini menjadikan sebuah motivasi bagi sang pendiri untuk terus bekerja keras mengembangkan situs jaringan sosial ini.

FUPEI mulai melakukan perombakan dari sisi teknologi dan antar-muka pengguna pada bulan Agustus 2006 guna meningkatkan usabilitas untuk para penggunanya. Hal ini menjadikan FUPEI dapat meraih peningkatan jumlah pengguna dalam waktu singkat dan terus berkembang hingga saat ini.

Fitur-Fitur


FUPEI menyediakan fasilitas yang tidak kalah menariknya dibandingkan situs jaringan sosial yang sejenis. Seorang fupeis dapat mencari fupeis lain dan mengangkatnya sebagai status teman di dalam FUPEI. Setelah status menjadi teman, seorang fupeis dapat menulis testimoni kepada temannya. Fupeis juga dapat mengirimkan surat kepada fupeis lain ataupun temannya. Seorang fupeis dapat memiliki jumlah teman yang tidak terbatas, hal ini dapat mengurangi duplikasi profil seorang fupeis karena ketidak-terbatasan kapasitas daftar teman yang disediakan FUPEI.

Fitur-fitur menarik yang terdapat dalam FUPEI, antara lain:

Shoutbox


Shoutbox berada di halaman profil fupeis yang berfungsi layaknya sebagai sebuah program chatting sederhana, hanya pada shoutbox, fupeis biasanya mengirimkan pesan-pesan singkat di dalam profil fupeis lain.

Album foto


Album foto di dalam FUPEI memungkinkan fupeis menyimpan foto dengan kapasitas yang tidak terbatas. Fupeis dapat melihat, mengoleksi, serta mengomentari foto-foto fupeis lain.

Musik


Sebuah player musik disajikan untuk memutar musik kesukaan fupeis. Sebenarnya fasilitas musik ini ditujukan untuk menggali potensi kreatifitas fupeis dalam menciptakan musik-musik baru hasil kreasi sendiri, terutama untuk komunitas band anak muda sehingga mereka dapat mempromosikan lagu-lagu ciptaan mereka. Namun, fasilitas ini sering disalahgunakan oleh para fupeis untuk menyimpan lagu-lagu yang berbau hak cipta, yang sudah di luar tanggung jawab FUPEI. Di samping itu, fupeis dapat memasang player musik ini di mana situs mana saja dengan meng-copy code XHTML yang disediakan oleh FUPEI.

Video


Tidak kalah dibandingkan YouTube milik Google, situs dalam negeri ini dapat unjuk gigi karena memiliki fasilitas pemutar video dengan fungsionalitas yang hampir sama dengan YouTube. Tetapi, fitur video ini menghadapi kendala, yang tidak lain adalah koneksi internet Indonesia yang masih sangat terbatas sehingga fitur ini hanya dapat dinikmati oleh fupeis yang memiliki koneksi internet berkecepatan tinggi. Sama dengan musik, fasilitas ini ditujukan untuk menggali potensi kreatifitas fupeis, namun sering disalahgunakan untuk menyimpan clip-clip yang berbau hak cipta, yang sudah di luar tanggung jawab FUPEI, fupeis juga dapat memasang pemutar video ini di situs-situs lain.

Kalender Kegiatan


Sebuah kalender juga disediakan untuk mencukupi kebutuhan fupeis dalam mengatur jadwal pribadi. Melalui kalender kegiatan ini, fupeis dapat melihat kegiatan-kegiatan fupeis lain, saling berbagi, dan dapat mengundang fupeis-fupeis lain untuk acara atau kegiatan tertentu.

Games


FUPEI menghadirkan permainan-permainan yang cukup menarik dalam bentuk flash. Melalui fitur ini, FUPEI juga menghidupkan kembali game-game klasik, seperti tetris, pacman, maupun space invader. Melalui persaingan yang ketat, para fupeis giat berkompetisi untuk meraih skor tertinggi.

Chattting


Fitur ini memungkinkan fupeis dapat melakukan chatting terhadap sesama fupeis tanpa keluar dari halaman FUPEI untuk menggunakan program-program chatting yang popular, seperti Yahoo Messenger, MSN Messenger, Camfrog, Mirc, dan lain-lain. Bahkan fupeis dapat membuat ruang-ruang sendiri di dalam chatroom yang disediakan FUPEI.

Fitur-fitur eksklusif khusus fupeis Indonesia



  • Forum Diskusi - Sebagai sebuah komunitas, forum diskusi selayaknya sudah menjadi fitur yang sudah tidak asing lagi. Kategori-kategori dalam forum FUPEI sebagian besar sifatnya adalah moderated, hal ini dilakukan untuk mencegah posting-posting dalam forum dari bahasa-bahasa yang tidak sopan, berbau SARA, dan yang dapat merugikan fupeis lain.


Privasi


Untuk melindungi hak penggunanya, FUPEI tidak menyimpan password dari data seorang fupeis, apabila fupeis lupa atau kehilangan passwordnya, maka FUPEI akan mengirimkan password baru ke email fupeis. Sistem invitation FUPEI sekalipun juga tidak menyimpan password email fupeis itu sendiri.

FUPEI memberikan fasilitas pemblokiran kepada masing-masing fupeis untuk memblokir fupeis lain yang melakukan tindakan yang dianggap mengganggu dalam FUPEI sehingga fupeis yang sudah diblokir tidak dapat melakukan aktivitas-aktivitas terhadap pemblokirnya.

2 comments:

  1. sekarang dah menjamur jejaring sosial buatan anak negeri

    ReplyDelete
  2. Betul, sebaiknya kita Support. Jangan malah diremehkan... :)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Popular Posts

Bisidamu

My daily experiences

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Advertising