Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan suatu wadah yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan segala bentuk informasi. Teknologi Informasi dan Komusikasi terdiri atas dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sementara itu, teknologi informasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindahkan data dari perangkat yang satu ke perangkat yang lainnya.

Dari penjelasan dua aspek tersebut, dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi merupakan dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi, teknologi informasi dan komunikasi memiliki pengertian yang luas, yaitu segala kegiatan yang berkaitan dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan pemindahan informasi antar media.

Istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer, baik perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan antara kedua teknologi itu berkembang pesat melebihi bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21, Teknologi Informasi dan Komunikasi masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya. Contoh dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi antara lain internet, komputer, telepon, radio, televisi, dan media lainnya untuk menyampaikan informasi.

Tujuan Mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sebagai suatu bidang ilmu dalam kehidupan manusia, teknologi informasi dan komunikasi tentunya memiliki tujuan. Tujuan-tujuan ini menjadi usaha dalam perkembangan dunia teknologi khususnya dibidang teknologi itu sendiri.

Tidak diragukan lagi, peran TIK dalam berbagai aspek kehidupan sangatlah besar. Hampir semua bidang mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam setiap penyelesaian masalah yang ada. Untuk itu, agar dapat menjalankan sistem atau operasi teknologi informasi denganbaik, diperlukan tenaga profesional yang handal dalam mengontrol sistem kerja peralatan TIK tersebut. Hal inilah yang mendasari pentingnya memperlajari teknologi informasi dan komunikasi.

Perlu diketahui bahwa teknologi informasi dan komunikasi atau yang disingkat menjadi TIK ini memiliki dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer datadari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Berikut adalah tujuan-tujuan dalam mempelajari teknologi informasi dan komunikasi;

  • Menyadarkan akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang, sehingga dapat termotivasi untuk melakukan evaluasi dan mempelajari teknologi ini sebagai dasar untuk terus belajar.
  • Memotivasi kemampuan diri agar dapat menyesuaikan dan mengantisipasi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga dapat melaksanakan dan menjalani aktivitas sehari-hari secara mandiri dan lebih percaya diri.
  • Mengembangkan kompetensi diri dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung segala bentuk kegiatan sehari-hari.
  • Mengembangkan kemampuan belajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi sehingga proses pembelajaran bisa lebih optimal dan menarik.
  • Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, inovatif, kreatif, dan bertanggung jawab dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Tujuan-tujuan dalam mempelajari teknologi informasi dan komunikasi ini tentunya sangat membantu hampir di setiap aspek kehidupan manusia sehari-hari. Dan inilah yang menjadi inti dari tujuan mempelajari TIK ini.

Peran TIK dalam Dunia Pendidikan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, teknologi informasi dan komunikasi saat ini sangatlah penting. Tidak hanya menjadi sebuah hal penting dalam menyelesaikan permasalahan, TIK ini juga telah memberikan peran penting di bidang pendidikan. Berikut adalah peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan;

1. Berbagi Hasil Penelitian

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK), khususnya internet, telah banyak dipakai sebagai sumber informasi untuk menunjang pendidikan. Internet sebagai buah dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah dimanfaatkan untuk berbagai hasil-hasil penelitian yang dilakukan di belahan dunia yang berbeda. Hal ini mengakibatkan hasil penelitian yang dilakukan seseorang dapat dimanfaatkan oleh orang lain.

2. Konsultasi dengan Pakar

Internet pun banyak digunakan untuk berkonsultasi dengan pakar-pakar yang berada di tempat lain. Hal ini mengakibatkan ruang dan jarak bukan lagi suatu halangan untuk melakukan konsultasi. Misalnya, seorang mahasiswa yang berada di Sumatera guna melakukan penelitian melakukan konsultasi dengan dosennya yang berada di Jawa dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, seperti chatting dan e-mail.

3. Perpustakaan Online

Perpustakaan online merupakan perpustakaan dalam bentuk digital. Biasanya, perpustakaan online ada di internet. Dengan perpustakaan online, memungkinkan siswa untuk mengakses sumber-sumber ilmu pengetahuan dengan cara yang mudah tanpa harus dibatasi oleh jarak dan waktu.

4. Diskusi Online

Diskusi online merupakan diskusi yang dilakukan via internet. Dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, seperti internet, memungkinkan siswa untuk melakukan tukar pikiran tanpa harus berkumpul di suatu tempat.

5. Kelas Online

Aplikasi kelas online sebagai pemanfaatan dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dapat digunakan oleh lembaga-lembaga pendidikan untuk melakukan proses belajar mengajar jarak jauh. Biasanya kelas online dilakukan oleh universitas terbuka dan sekolah-sekolah terbuka.

Masih banyak peran dari teknologi informasi dan teknologi di dunia pendidikan. Selain mengembangkan teknologi di dunia pendidikan, teknologi informasi dan komunikasi juga memberikan wawasan yang luas melalui informasi diperangkat media saat ini.

Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Beberapa Bidang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, peran teknologi informasi dan komunikasi sangatlah berperan penting bagi kehidupan manusia. selain sebagai salah satu media informasi, mempercepat komunikasi, teknologi informasi dan komunikasi juga memudahkan manusai dalam menyelesaikan segala macam urusan dan masalahnya.

Berikut ini adalah beberapa peranan penting teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai bidang kehidupan manusia;

Peran TIK di Bidang Penerbangan

Beberapa peranan TIK dalam bidang penerbangan adalah sebagai berikut;

  • Mengatur jadwal penerbangan (flight scheduling)
  • Mengatur perubahan jadwal terbang secara mendadak (itinerary change)
  • Mengatur sistem penjualan tiket pesawat dan reservasi penerbangan (real time reservation)
  • Mengatur sistem komunikasi kepada pilot-pilot pesawat tentang apa yang harus dilakukan selama pesawat terbang (flight progress checks).

Peran TIK dalam Bidang Perbankan

Peran Tik dalam bidang perbankan adalah sebagai berikut;

  • Mengatur pelayanan rekening kepada setiap nasabahnya
  • Menyediakan mesin teller otomatis atau anjungan tunai mandiri yang lebih dikenal dengan sebutan ATM.

Dengan perangkat ini, pihak bank dapat memberikan kemudahan dan keefisiensi dan keefektifan kepada nasabah untuk melakukan transaksi walaupun pada saat berlibur.

Peran TIK di Bidang Perdagangan

Dalam bidang Perdagangan, Tik berperan sebagai berikut ini;

  • Menyediakan sistem jaringan yang terkoneksi melalui alat bantu berupa scanner atau pemindai.
  • Menyediakan alat bantu konsumen untuk melakukan pengecekkan harga.

Peran TIK dalam Bidang Perkantoran

Peran Tik dalam bidang perkantoran antara lain sebagai berikut;

  • Menyediakan mesin penjawab telepon secara otomatis
  • Menyediakan alat pengolah data dengan mesin komunikasi berupa teleks dan faksimile.

Peran TIK di Bidang Perumahan Masa Depan

Peran Tik di bidang rumah masa depan adalah ketersediaannya alat pemantau bahaya yang dapat memberitahukan pencurian, kebakaran, kebocoran gas, dan hal lainnya yang dapat membahayakan penghuni dan seisi rumah. Alat ini berfungsi secara otomatis dan diperintah lewat saluran telepon dan alat komunikasi lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai teknologi informasi dan komunikasi yang dapat disampaikan. kemajuan teknologi saat ini memang menuntut apa saja yang ada di bumi semakin canggih, entah itu dari segi peralatan maupun langkah-langkahnya. Semua itu dibuat untuk meminimalisir kerja manusia dalam melakukan hal-hal tertentu.

Semoga dengan adanya pembahasan ini, dapat memberikan wawasan dan juga menambah motivasi diri untuk mencari tahu mengenai teknologi saat ini.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Teknologi dengan judul Teknologi Informasi dan Komunikasi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bisidamuda.blogspot.com/2013/06/teknologi-informasi-dan-komunikasi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Bisidamu

Belum ada komentar untuk "Teknologi Informasi dan Komunikasi"

Post a Comment