Infromasi Teknologi

Perkembangan zaman yang semakin modern menuntut setiap orang untuk mencari informasi teknologi terbaru. Infomasi teknologi tersebut sangat bermanfaat dalam mengetahui perkembangan teknologi yang semakin canggih. Salah satu informasi diperlukan, yaitu mengenai informasi teknologi.

Informasi Teknologi

Teknologi informasi berasal dari bahasa latin ‘texere’ yang artinya membangun. Pada dasarnya, teknologi mempunyai dua aspek penting, yaitu software (perangkat lunak) dan hardware (perangkat keras). Informasi teknologi memang tidak jauh-jauh dari kehidupan perkembangan dunia teknologi itu sendiri.

Kedua komponen tersebut (hardware dan software) saling berkaitan satu sama lain, yaitu bekerja sama dalam menciptakan sebuah teknologi informasi. Namun, teknologi terlihat lebih dominan pada hardware (perangkat keras). Meskipun begitu, software (perangkat lunak) juga mempunyai peranan sangat penting.

Teknologi informasi merupakan suatu teknologi yang berfungsi untuk mengolah data (memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan dan memanipulasi data) dalam berbagai cara, sehingga menghasilkan informasi berkualitas. Dalam hal ini, informasi yang diperlukan harus relevan dan akurat. Selain itu, Informasi tersebut bermanfaat untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan.

Teknologi informasi sering dikaitkan dengan teknologi komunikasi. Hal ini dikarenakan, software dan hardware memang saling berhubungan satu sama lain. Pada dasarnya, teknologi informasi dan teknologi komunikasi mempunyai definisi yang sama. Teknologi komunikasi berarti semua teknologi informasi yang mendukung semua teknologi komunikasi.

Tidak heran, jika saat ini hadir istilah TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). TIK merupakan bukti dari penggabungan dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Istilah ini muncul, setelah terjadi perpaduan antara teknologi informasi dan teknologi kkomunikasi pada abad ke-20.

Perkembangan Teknologi Informasi

Sebenarnya, sejak dahulu manusia sudah mengenal teknologi. Namun, tentunya teknologi yang ada dulu jauh berbeda dengan teknologi saat ini. Contohnya saja mesin tik, zaman dahulu mesin ini digunakan untuk membantu manusia dalam membuat dokumen. Zaman yang semakin maju membuat mesin tik tidak dipakai lagi.

Saat ini, manusia mempunyai teknologi lebih canggih dalam membuat dokumen,yaitu komputer.  Penggunaan komputer bukan hanya memudahkan manusia dalam membuat dokumen, melainkan dalam menyelesaikan ‘pekerjaan’.

Selain itu, dahulu orang masih mengirim surat menggunakan kurir dan memerlukan waktu cukup lama. Sementara, saat ini orang sudah bisa mengirim surat melalui telegraf. Bahkan sekarang, dengan ditemukannya komputer dan internet, orang juga bisa mengirim surat melalui e-mail dalam hitungan detik.

Kemudian, setelah Alexander Gragam Bell berhasil menemukan telepon, orang sudah bisa saling berkomunikasi meskipun jaraknya sangat jauh. Hal ini membuktikan bahwa perkembangan teknologi informasi berkembang dengan sangat pesat.

Saat ini, perkembangan informasi dan teknologi membuat orang sudah bisa membuat robot, contohnya, robot rumah tangga (seperti vacuum cleaner), robot anjing dan lain-lain. Semua robot itu diciptakan untuk memudahkan manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Hal ini memungkinkan, suatu saat pekerjaan manusia bisa digantikan oleh robot. Robot tersebut akan bekerja secara otomatis dan mengoreksi kesalahan dengan sendirinya.

Bisa disimpulkan bahwa perkembangan teknologi informasi saat ini lebih maju dan pesat dibandingkan zaman dahulu. Dapat diprediksikan, abad ke-21 akan muncul teknologi yang lebih mutakhir dan bermanfaat bagi manusia.

Sistem Teknologi Informasi

Istilah TI (Teknologi informasi) yang populer saat ini merupakan bagian dari mata rantai panjang perkembangan istilah dalam dunia SI (Sistem Informasi). Sebuah sistem teknologi informasi pada dasarnya dibangun di atas lima tingkatan dalam sebuah piramida STI (Sistem Teknologi Informasi). Tingkatan yang dimaksud adalah konsep dasar, teknologi, aplikasi, pengembangan, dan pengelolaan.

Sistem teknologi informasi merupakan sistem yang terbentuk sehubungan dengan penggunaan teknologi informasi. Komponen sistem teknologi informasi ada 3, yaitu hadware (perangkat keras), software (perangkat lunak), dan brainware (manusia).

Dalam sistem teknologi informasi , baik rumit maupun sederhana, tujuannya adalah menghasilkan suatu informasi. Sebuah informasi yang ada pada sistem teknologi informasi dapat dikatakan berguna apabila ditopang oleh tiga hal, yaitu tepat pada kebutuhannya (relevan), tepat pada waktunya (timeliness), dan tepat nilainya (accurate). Apabila informasi yang ada pada sistem teknologi informasi tidak ditopang oleh ketiga hal tersebut, informasi di dalamnya tidak berguna.

Secara umum, informasi yang terdapat pada STI (Sistem teknologi Informasi) dibagi menjadi 3 tipe. Adapun pembagiannya adalah sebagai berikut.

1. Informasi Pengumpulan Data

Informasi ini merupakan informasi yang mengambil bentuk berupa akumulasi (pengumpulan data) untuk menjawab pertanyaan. Dalam sebuah organisasi atau perusahaan, informasi ini sangat berguna bagi manajer tingkat bawah untuk mengevaluasi kinerja para karyawannya.

2. Informasi Pengarah Perhatian

Informasi ini merupakan informasi yang digunakan untuk memusatkan perhatian pada masalah-masalah yang menyimpang, ketidakefisienan, atau ketidakberesan. Penyimpangan di sini bisa berupa over budget biaya, target penjualan yang belum tercapai, pendapatan perusahaan menurun, biaya produksi meningkat, dan lain-lain.

3. Informasi Pemecahan Masalah

Informasi ini merupakan informasi yang membantu pengambilan keputusan untuk memecahkan permasalahan yang tengah dihadapi. Permasalah di sini adalah permasalahan yang memerlukan analisis berulang-ulang dari manajemen tingkat atas.

Peranan Teknologi Informasi

Peranan teknologi informasi saat ini, sepertinya sudah sangat melekat dalam kehidupan manusia. Mulai dari berinteraksi, membaca berita, transaksi, dan lain-lain. Bahkan, teknologi informasi menjadi fasilitator utama bagi kegiatan-kegiatan bisnis.

Selain itu, teknologi informasi juga memberikan andil besar terhadap perubahan-perubahan yang mendasar pada struktur, operasi, dan manajemen suatu organisasi.
Kemajuan teknologi informasi membuat para pengusaha berani investasi tinggi dalam bidang teknologi informasi, alasan yang paling umum adalah adanya kebutuhan untuk mempertahankan dan meningkatkan posisi kompetitif, mengurangi biaya, serta meningkatkan fleksibilitas.

Dengan adanya teknologi informasi, berbagai kemudahan bisa dirasakan oleh manusia. Contohnya saja dalam pengambilan uang melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Selain itu, Anda bisa melakukan transaksi lewat internet yang dkenal dengan e-commerce (perdagangan elektronik).

Dalam dunia pendidikan, perkembangan teknologi informasi membuat transformasi pembelajaran ilmu pengetahuan menjadi lebih cepat dan mudah. Teknologi informasi bisa mengubah perekonomian desa menjadi lebih baik lagi dalam sektor pertanian, perkebunan, dan peternakan.

Tidak bisa dipungkiri lagi, kehadiran teknologi membawa banyak pengaruh dalam kehidupan manusia di berbagai bidang, seperti ekonomi, sosial, politik, budaya, pertahanan, keamanan, dan lain-lain. Jadi, kehadiran teknologi informasi dalam kehidupan manusia menjadikan teknologi informasi memenuhi sebagian besar kebutuhan manusia.

Jadi dapat disimpulkan secara garis besar bahwa peranan teknologi informasi adalah sebagai berikut.

  • Teknologi informasi menggantikan peran manusia, yaitu mengotomatisasi suatu proses atau tugas manusia.
  • Teknologi memperkuat peran manusia, yaitu dengan menyajikan informasi terhadap suatu tugas atau proses.
  • Teknologi informasi berperan dalam restrukturisasi terhadap peran manusia dalam melakukan perubahan-perubahan tugas maupun proses.

Dampak Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi informasi semakin pesat, sehingga sulit bagi kita untuk mengontrolnya dengan baik. Hampir setiap detik, produk teknologi informasi tercipta di seluruh belahan dunia. Seharusnya, kita patut mengapresiasi perkembangan teknologi informasi ini, karena semakin mempermudah pekerjaan manusia.

Sudah tentu, teknologi informasi ini membawa dampak positif dan negative bagi kehidupan. Adapun dampak positif dan negatif yang dimaksud, antara lain sebagai berikut.

1. Positif

  • Mempermudah dan mempercepat akses informasi yang dibutuhkan.
  • Mempermudah dan mempercepat penyampaian/penyebaran informasi.
  • Mempermudah transaksi perseorangan atau perusahaan dalam kepentingan bisnis.
  • Mempermudah penyelesaian tugas-tugas (pekerjaan).
  • Mempermudah proses komunikasi karena tidak terhalang oleh jarak dan waktu
  • Membuka lowongan kerja IT.

2. Negative

  • Isu SARA, pornografi, kekerasan menjadi hal yang biasa
  • Kemudahan dalam bertransaksi memicu timbulnya bisnis-bisnis illegal, seperti narkoba, produck black market.
  • Munculnya budaya plagiarisme (penjiplakan hasil karya orang lain)

Sebenarnya, suatu kebijakan atau pun perkembangan pastinya diikuti dengan sisi positif dan negatif, termasuk teknologi informasi. Untuk itu, sebisa mungkin kita harus bisa meminimalisasi dampak negatif yang muncul tersebut.

Demikianlah artikel mengenai informasi dan teknologi. Semoga bermanfaat bagi para pembaca

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Komputer / Teknologi dengan judul Infromasi Teknologi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bisidamuda.blogspot.com/2013/06/infromasi-teknologi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Bisidamu

Belum ada komentar untuk "Infromasi Teknologi"

Post a Comment