Sosialisasi Free Open Source Software - GNU/Linux di STT Dharma Iswara Madiun

Madiun - BSD. Kemarin pada hari Rabu tanggal 25 September 2012 bertempat di Gedung Graha Cendekia IKIP PGRI Madiun STT Dharma Iswara Madiun mengadakan Seminar dengan Tema "Dengan Penguasaan Teknologi Informasi yang Berkarakter membangun Sumber Daya Manusia cerdas dan berkualitas" yang disampaikan oleh KPLI Madiun.

Acara tersebut dibawakan oleh Mas Joko dan intinya disampaikan oleh Mas Anang. Dalam acara yang dihadiri oleh para peserta PSMB STT Dharma Iswara tersebut disampaikan masalah yang sampai saat ini belum ada pemecahannya yaitu penggunaan Software Ilegal. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan akan mengurangi hal tersebut dengan menggunakan Free Open Source Software (bagi yang tidak mampu membeli Software berbayar).


Dalam acara tersebut juga disampaikan pembentukan KSL (Kelompok Study Linux) agar bisa mewadahi pengguna Linux baru yang butuh pendampingan. KPLI Madiun siap menjadi penanggung jawab terbentuknya KSL.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Berita / FOSS / Linux dengan judul Sosialisasi Free Open Source Software - GNU/Linux di STT Dharma Iswara Madiun. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bisidamuda.blogspot.com/2012/09/sosialisasi-free-open-source-software.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Bisidamu

1 Komentar untuk "Sosialisasi Free Open Source Software - GNU/Linux di STT Dharma Iswara Madiun"

  1. .
    populasi komputer di Indonesia akan tersisa di warnet, rumah tangga (kebanyakan akan beralih ke laptop/tablet), kantor negeri/swasta). Makin banyak yg sadar hemat listrik makanya pindah ke perangkat mobile. Apalagi pengguna Linux makin banyak untuk hanya pemakaian sehari-hari. Nanti pengguna windows bisa jadi hanya tersisa untuk pengguna pengolahan data, grafis, multimedia dan maniak games. Kalo hanya pengguna browsing, chating, multimedia ringan dan sewajarnya, pada akhirnya akan pakai software free seperti Linux.

    Secara ga langsung Microsoft juga membuka peluang terjadinya pembajakan sistem operasi windows mereka, contohnya security update Windows 7 yg mencegah program aktivasi ilegal, secara default tidak dicentang oleh Windows 7 pada saat update online, bisa di hide juga.

    Kalo mau, Microsoft juga bisa menutup celah aktivasi ilegal demi keuntungan perusahaan mereka, tetapi kalo terlalu protektif, Microsoft takut penjualan softwarenya menurun akibat proteksi berlebihan, belum lagi kompabilitas dengan jutaan hardware di dunia yg menjalankan sistem operasi windows. Kalo Apple kan jual perangkat dan sistemnya sekaligus, jadi proteksi berlebihan tidak jadi masalah bagi Apple dan penggunanya.

    Sekarang ane pake Netbook ASUS 1215B E450 1,65Ghz Dual Core + Radeon 6320 + RAM 8 GB + Linux Zorin berbasis Ubuntu 12.04 LTS, pake koneksi HP Smartfren Xstream / modem Huawei Smartfren E176-2 for mobile or Fastnet 4 Mbps for home. Lumayan kencang dan aman dipakai.

    Zorin 6.3 Core 64 bit bagus banget buat pemakaian sehari-hari.

    Peace :)

    ReplyDelete