Masalah Modem di Ubuntu hasil Remaster Teratasi

Sebelumnya saya berhasil instal Remastersys di Ubuntu 12.04 setelah itu langsung saya buat file iso dari Ubuntu 12.04 yang sudah saya lengkapi dengan berbagai macam aplikasi kesukaan saya. Membuat remaster ini tujuannya untuk memudahkan kita menginstal Ubuntu di laptop/ komputer lain.



Tetapi setelah berhasil saya instal di Toshiba L510, ada masalah dengan modem smartfren CE682. Dengan menggunakan Wvdial bisa dial up tetapi tidak bisa untuk berselancar. Langsung saja, berikut adalah langkah-langkahnya:
Pertama kita Edit file resolv.conf untuk mengganti DNS default dari smart, tapi terlebih dulu kita buat symlink file resolv.conf ke folder /etc karna defaultnya file resolv.conf terdapat pada folder /etc/ppp/resolv.conf menggunakan perintah:
sudo ln -s /etc/ppp/resolv.conf /etc/resolv.conf
ketikkan Pada terminal.

Selanjutnya koneksikan modem smartFren menggunakan wvdial, setelah modem terkoneksi dan mendapatkan IP, buka file resolv.conf menggunakan perintah :
sudo gedit /etc/resolv.conf
Berikut adalah isi dari file resolv.conf
nameserver 10.17.3.252
nameserver 10.17.3.246
Kemudian ganti nameserver pada file resolv.conf menggunakan DNS goole berikut, sehingga hasilnya menjadi :
nameserver 8.8.8.8
nameserver 8.8.4.4
Simpan perubahan, dan sekarang modem seharusnya sudah berhasil terkoneksi ke internet.
Untuk selanjutnya kita tidak perlu menconfigurasi seperti langkah diatas ketika ingin menggunakan modem.

Sekian semoga bermanfaat.
Sumber.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori ubuntu dengan judul Masalah Modem di Ubuntu hasil Remaster Teratasi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bisidamuda.blogspot.com/2012/09/masalah-modem-di-ubuntu-hasil-remaster.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Bisidamu

2 komentar untuk "Masalah Modem di Ubuntu hasil Remaster Teratasi"