Ubuntu 12.04 LTS

Ubuntu Ubuntu 12.04 LTS (Long Term Support)

Sebenarnya apa itu Ubuntu? Kenapa begitu populernya di dunia maya? Kenapa banyak orang yang penasaran? Begitu banyak pertanyaan-pertanyaan seputar Ubuntu yang dilontarkan oleh orang yang dari jaman dahulu menggunakan Sistem Operasi Windows. Tahunya mereka komputer ya hanya Windows, seperti orang membeli air minum Aqua, kebanyakan dari kita walaupun mereknya bukan Aqua, masih menyebutnya dengan Aqua. Kenapa bisa begitu? Karena kecenderungan manusia adalah latah. Orang pakai ini, kita ikut pakai ini. Orang berbuat itu, kita juga berbuat begitu.

Jika kita coba menelusuri dari mana kebiasaan menggunakan Windows, di SMP/SMA dahulu kala, kita hanya diperkenalkan dengan 1 "satu" saja Sistem Operasi yaitu Microsoft Windows. Ada juga sebenarnya yang memperkenalkan Sistem Operasi lain semisal Linux/Mac OS X, tapi itu hanya perkenalan saja, selanjutnya kembali pada Microsoft Windows.

Maka dari itu, kita secara tidak langsung dijajah oleh sebuah produk saja yang jika dikemudian hari produk tersebut mati/ gulung tikar kita akan kebakaran jenggot. Semoga saja tidak terjadi. Wajib bagi kita mengetahui hal ini karena sudah cukup penjajahan-penjajahan secara fisik/materi dan sebagainya, sekarang kita harus merdeka. Merdeka dalam berbagai hal termasuk merdeka menggunakan sistem operasi.

Terlalu banyak ngomong tanpa bukti juga tidak ada artinya. Tapi sekarang saya akan buktikan bahwa sistem operasi Microsoft Windows lambat laun akan ditinggalkan juga dan mulai mencicipi sesuatu yang baru, up to date, fresh dan powerful. Tidak menutup kemungkinan juga, Microsoft Windows masih digunakan sementara untuk mengolah data yang tidak bisa dilakukan sistem operasi Linux Ubuntu. Berikut ini saya berikan dua buah link, yang pertama adalah Anda tidak harus mengunduh dan memasang pada komputer, tetapi cukup membukanya dan rasakan Linux Ubuntu dari browser kesayangan Anda. Link yang kedua adalah Download. Anda bisa mengunduhnya, kemudian dibuat live CD atau Live USB kemudian menjalankannya dikomputer tanpa memasang atau langsung memasang.


Keunggulan
  • Ringan dan cepat sekali saat "booting"
  • Memerlukan partisi yang sangat kecil
  • LTS didukung pengembang sampai dengan tahun 2017
  • Lebih aman dari Virus (karena selalu Update sistem)
  • Tampilan smooth, tidak merusak mata
Kelemahan
  • Kurangnya dukungan dari pembuat Hardware
  • Kurangnya inisiatif pengguna baru untuk meng-explore lebih dalam
  • Saking update-nya Ubuntu, manual yang dibuat harus dibuat ulang mengikuti perkembangan Ubuntu yang sangat dinamis
  • Kurangnya jam pelajaran yang membahas tentang SO ini di sekolah-sekolah
  • Kesadaran masyarakat untuk meninggalkan perangkat lunak ilegal masih sangat rendah

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Komputer / other dengan judul Ubuntu 12.04 LTS. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bisidamuda.blogspot.com/2012/07/ubuntu-1204-lts.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Bisidamu

Belum ada komentar untuk "Ubuntu 12.04 LTS"

Post a Comment