OMHAX

Cara Merubah PDF ke Word Linux / Windows

Cara Merubah PDF ke Word Linux / Windows
Setelah kesana - kemari mencari cara agar bisa merubah PDF ke Word, akhirnya ketemu juga. Sebelumnya, berbagai macam aplikasi Windows telah di coba dan semuanya dalam versi trial atau demo saja. Untuk dapat menggunakan, tentu saja harus membeli lisensi tertentu. Ada niat untuk mencari kode lisensi itu di Internet, tapi karena kebutuhan mendadak dan takut melanggar hak cipta, tidak ada waktu untuk itu.

Biasanya saya ketik mengetik menggunakan aplikasi Libre Office, di libre office ada fasilitas "Export as PDF...". Tiba - tiba muncul pikiran "Libre Office bisa membuat file yang berekstensi PDF, jadi pasti ada kemungkinan untuk membukanya kembali". Satu persatu file berekstensi PDF saya buka dengan Libre Office, bukannya terbuka, Libre Office malah jadi gelap (indikator error). Kemudian saya Close paksa.

Kemudian browsing lagi, dengan kata kunci "Libre Office PDF". Ketemu sebuah situs (lupa URL-nya) yang mengatakan bahwa Libre Office memang mempunyai sebuah "Extension" yang memungkinkan kita merubah PDF ke Word. Caranya cukup mudah ternyata, tinggal cari Extension-nya, download dan install di Libre Office. Itu untuk pengguna Sistem Operasi Windows, untuk Sistem Operasi Linux malah lebih mudah lagi. Kita tinggal cari Extension itu di Package Manager dengan mengetikkan "libreoffice-pdfimport" secara otomatis akan didownload dan diinstal.

Sekarang kita sudah bisa merubah PDF ke Word di Microsoft Windows maupun Linux. Untuk menggunakan, klik kanan file PDF yang akan dirubah ke Word, pilih Libre Office Word dan tunggu loading (semakin besar PDF, semakin lama loading-nya) dan akhirnya Merubah PDF ke Word berhasil. Disitu bisa di edit kemudian di save lagi.
Enhanced by Zemanta

2 comments:

  1. gan kalo nyari menu Pakage Manager itu di mana? klo donlodnya dimana?
    newbie ubuntu ey...

    ReplyDelete
  2. pak, klo program ini bs dipakai utk excel dan power point ga?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Popular Posts

Bisidamu

My daily experiences

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Advertising