Kemerdekaan Linux

Hari kemerdekaan sebuah negara selalu diperingati tiap tahun, termasuk di Indonesia pada 17 Agustus 2010 ini. Di era teknologi informasi, muncul pertanyaan: pentingkah kemerdekaan di bidang software atau program komputer? Sudahkah kita merasa merdeka ketika menggunakan komputer dan gadget lainnya?

Dalam istilah FOSS (Free/Open Source Software), merdeka adalah kebebasan menggunakan program yang telah kita dapatkan secara berbayar maupun gratis. Pengguna juga memperoleh kebebasan untuk mempelajari cara kerjanya, lalu memodifikasinya, dan menyerbarluaskannya. Linux
merupakan contoh produk berbasis FOSS yang dapat digunakan secara merdeka.
Kebalikan dari merdeka adalah terikat. Terikat tidak berarti harus membayar lisensi yang mahal. Terikat dapat berarti menggunakan program secara tidak legal, sehingga dapat dihukum di dunia maupun di akhirat. Terikat juga dapat berbentuk ketergantungan kepada pembuatnya atau vendor tertentu saja sehingga jika ada masalah di kemudian hari, tidak ada pilihan lain kecuali meminta bantuan kepada vendor. Itu pun kalau vendornya masih ada.

Kemerdekaan tidak selalu diartikan gratis atau tanpa biaya, kecuali tanpa biaya lisensi, karena biaya dapat muncul dari proses mendapatkan, menggunakan, mempelajari, mengembangkan atau memodifikasi, dan menyebarluaskan program. Dalam keadaan tertentu, pilihan untuk merdeka dapat memakan biaya lebih besar dibandingkan pilihan untuk terikat. Misalnya, Anda mengeluarkan biaya pelatihan menggunakan Linux yang nilainya bisa lebih besar dibandingkan menggunakan program terikat.

Kemerdekaan bukan berarti bebas tanpa batas, sehingga melanggar kemerdekaan orang lain. Memilih Linux, apapun nama distronya, tetap memiliki keterbatasan, misalnya keharusan mengikuti ketentuan lisensinya. Salah satu contohnya, Fedora 13 merupakan produk yang sepenuhnya FOSS sehingga belum mendukung MP3. Sebagai solusinya, Anda dapat menambahkan program dari kumpulan paket Extras atau repository untuk mengatasi problem multimedia itu. Merdeka biasanya membutuhkan pengorbanan.

Rusmanto Maryanto [rus@infolinux.co.id]

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Microsoft Windows / Open source / other dengan judul Kemerdekaan Linux. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bisidamuda.blogspot.com/2010/08/kemerdekaan-linux.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Bisidamu

Belum ada komentar untuk "Kemerdekaan Linux"

Post a Comment