Cara mengatasi anak sering tidur dikelas

Bisidamu - Cara mengatasi anak sering tidur dikelas. Pernahkah Anda mengalami hal semacam ini, anak Anda tertidur didalam kelas saat jam pelajaran sedang berlangsung? Bukan hanya sekali, tapi setiap kali mereka memasuki kelas, dan duduk di kursinya, mereka merasa sedang dalam kamarnya yang nyaman.

Masalah ini memang klasik, dari dulu hingga sekarang belum ada rumus pasti agar tidak terulang di masa mendatang. Berbeda jaman, berbeda pula penyebab permasalahannya. Berikut ini Bisidamu akan mencari solusi dan membaginya kepada Anda para Guru dan orang tua yang mengalami hal tersebut.

Pernah saya menanyakan kepada seorang anak, kenapa suka tertidur saat pelajaran sedang berlangsung di kelas, dia menjawab karena kurang tidur. Nah, masalahnya sudah dapat dipastikan bahwa karena kekurangan tidur membuatnya merasa harus melengkapi tidurnya di kelas. Apakah hanya itu alasannya? Bisa jadi berbagai macam alasan ditemukan jika ditelusuri dengan teliti.

Menurut Juliska Gracinia, dibukunya yang berjudul "Ajari Aku - Solusi Praktis Untuk 30 Perilaku Anak Yang Menjengkelkan" mengatakan bahwa "Setiap anak memerlukan waktu tidur yang berbeda-beda, bahkan dengan saudara kandungnya sendiri". Bagaimana cara mencegahnya?
  1. Tetapkan jam tidur untuk anak-anak. Dengan cara ini, anak akan terbiasa dengan rutinitas tidur yang diatur oleh Anda (orang tua) sehingga hari-hari selanjutnya akan terbiasa tanpa dipaksa-paksa lagi untuk tidur atau bangun.
  2. Ciptakan "upacara" sebelum tidur. Upacara disini bukan arti kata sebenarnya yang biasa anak-anak lakukan setiap hari Senin, tapi sekedar ajang curhat, ajang bersenda gurau mengakrabkan anak dengan orang tua. Atau bisa juga dengan dibacakan sebuah dongeng.
  3. Buat aktifitas yang menguras energi. Dengan melakukan kegiatan yang menimbulkan kelelahan, anak akan cepat merasakan kantuk, sehingga tidak akan menunda-nunda lagi untuk terlelap. Jauhkan dari aktifitas memainkan Gadget. Benda canggih ini bukannya membantu untuk cepat terlelap, malah akan menimbulkan kesulitan memejamkan mata.
  4. Pertahankan rutinitas jam tidur. Biasanya, karena mungkin kecapekan karena kerja, orang tua hanya memberikan peraturan ini sekali saja, sehingga anak merasa terganggu jika kadang diingatkan, kadang enggak.
  5. Berikan cukup waktu untuk anak sebelum tidur. Ini berlaku bagi orang tua yang bekerja siang hingga malam, sehingga waktu untuk anak tidak maksimal. Berikan satu kali dalam seminggu, untuk bercanda dengan anak secara maksimal, tetapi juga dengan rutinitas, agar tertanam jiwa disiplin pada anak.
Setelah kita mengetahui bagaimana mencegah anak agar punya banyak waktu untuk tidur dirumah, diharapkan dikelas sudah fresh, tidak mengantuk lagi.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pendidikan dengan judul Cara mengatasi anak sering tidur dikelas. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bisidamuda.blogspot.com/2013/02/cara-mengatasi-anak-sering-tidur-dikelas.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Bisidamu

Belum ada komentar untuk "Cara mengatasi anak sering tidur dikelas"

Post a Comment