Mari Belajar Jujur dengan Developer Open Source

Jujur adalah sifat yang amat sulit untuk dijalani. Kadang dalam hati kita ingin selamanya berbuat baik dan selalu jujur dalam segala hal, tapi kenyataannya kita sulit menjalaninya saat iman sedang turun. Untuk itulah, kita coba belajar jujur dari kita sendiri dulu. Merubah orang lain dengan membuat contoh adalah sangat efektif daripada banyak ceramah ternyata kita melanggarnya.



Jujur disini bisa dikatakan menyangkut dari berbagai hal, termasuk jujur dalam menggunakan perangkat lunak. Kenapa jujur dihubungkan dengan perangkat lunak? Segala macam ilmu harus ditanamkan nilai-nilai Qauliyah agar tetap pada ridho-Nya. Silahkan simak kutipan dari http://dakwah.net46.net/?page_id=3

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud d, dari Nabi Muhammad, beliau bersabda: ”Sesungguhnya kejujuran itu menunjukan pada kebaikan, dan kebaikan itu menunjukan kepada surga. Dan bahwasannya seseorang yang senantiasa berkata jujur, akan dianggap sebagai orang yang jujur. Sesungguhnya kebohongan menunjukan kepada kemaksiatan dan kemaksiatan menunjukan pada neraka. Dan seseorang yang terbiasa berkata bohong, maka ia akan dicatat oleh Allah sebagai pendusta.” ( H.R. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi ) Makna hadits: Kejujuran termasuk dari sifat-sifat yang terpuji, Allah memerintahkan kepada orang-orang yang beriman untuk senantiasa jujur di dalam kitab-Nya, Allah Yang Maha Tinggi telah berfirman: يأَيُّهَا الَّذِيْنَ أمَنُوْا اتَّقُوْالله وَكُوْنُوْا مَعَ الصَّادِقِيْنَ ( سورة التوبة 114 ) “Wahai orang-orang yang beriman bertaqwalah kamu sekalian kepada Allah dan jadilah golongan orang-orang yang jujur”. ( Q.S. At Taubah : 114 ) Dan Rasulullah menganjurkan dan menerangkan keutamaan berbuat jujur didalam banyak hadits. Dalam hadits di atas, Nabi menerangkan pada kita bahwasanya kejujuran itu membuka pintu-pintu kebaikan bagi kaum muslimin yang akan memasukkan pelakunya kedalam surga. Sedangkan orang-orang yang senantiasa berlaku jujur dalam perkataanya dan perbuatannya, maka akan dicintai oleh Allah dan manusia. Lawan dari kejujuran adalah dusta yang Allah telah melarang kita darinya. Rasulullah juga telah melarang kita darinya. Sungguh dalam hadits ini Nabi telah menjelaskan kepada kita bahwa kedustaan akan menjerumuskan pelakunya kedalam maksiat yang akan memasukan pelakunya kedalam neraka. Sedangkan orang-orang yang terbiasa melakukan perbuatan dusta, maka dia akan digolongkan sebagai orang-orang pendusta dan termasuk yang berhak mendapat siksa dari Allah. Perbuatan dusta akan menjadikan pelakunya dibenci oleh Allah dan dibenci oleh makhluk-Nya. Maka hendaklah kita beriltizam dengan kejujuran dengan menjauhi perbuatan dusta agar mendapat ridha dari Allah dan dimasukkan ke dalam surga.

Dari penjabaran hadits diatas sudah jelas bahwa Allah SWT lebih suka kepada manusia yang jujur. Open source mengajarkan kita bagaimana kejujuran dalam menggunakan perangkat lunak sangat ditekankan.

Siapa sangka Free Open Source Software yang lingkupnya sangat kecil memiliki segudang sifat yang sangat mulia. Itulah keadilan yang diberikan Allah SWT kepada setiap makhluknya, kecil lingkupnya tak berarti kecil manfaatnya. Salah satu sifat mulia Free Open Source adalah kejujuran. Tahukah kalian dimanakah letak kejujuran yang dimiliki oleh Free Open Source?

Pernahkah kalian mengamati bagaimana seorang developer Open Source jika sedang memperoleh ilmu baru? Hal pertama yang developer Open Source tersebut lakukan adalah membaginya dengan teman-teman mereka. Bahkan mereka men-share hasil temuan mereka berkali-kali, tentu saja banyak teman yang di-share sesuai dengan kapasitas ilmu yang didapatkan. Dari hal inilah tercermin betapa jujurnya developer Open Source itu. Kalau mau, jika satu developer menemukan sebuah ilmu/pengetahuan, langsung dinikmati sendiri saja, kenapa harus repot-repot membaginya kepada teman? Bukankah kalau dijual sendiri bisa menjadi penghasilan?

Mulai sekarang kita harus introspeksi diri apakah kejujuran sudah benar-benar tertanam dalam hati kita dan telah kita realisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Karena untuk era seperti ini, agaknya kejujuran itu sangatlah langka ditemui.

Marilah kita tanamkan kejujuran dalam diri kita, terutama pada teman-teman dan generasi penerus bangsa lainnnya. Belajarlah dari developer Open Source, karena sesungguhnya semua yang ada di dunia ini bisa kita jadikan sebagai sumber pembelajaran.

Semoga bermanfaat...

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Komputer / Open source / other dengan judul Mari Belajar Jujur dengan Developer Open Source. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bisidamuda.blogspot.com/2012/07/mari-belajar-jujur-dengan-developer.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Bisidamu

Belum ada komentar untuk "Mari Belajar Jujur dengan Developer Open Source"

Post a Comment