Cara mudah memasang Conky lua di Ubuntu

Conky adalah software yang menampilkan berbagai macam informasi di desktop komputer untuk X window system. Tersedia untuk Linux, OpenBSD dan FreeBSD. Conky sangat membantu kita melihat aktifitas komputer karena menampilkan status CPU, memory, swap space, disk storage, temperatures, processes, network interfaces, battery power, system messages, e-mail inboxes, Arch Linux updates, many popular music players (MPD, XMMS2, BMPx, Audacious), dan banyak lagi. Banyak sekali model/ configurasi conky dari yang sangat mudah sampai dengan yang sangat sulit. Daripada penasaran berikut kita akan ambil contoh Conky lua.


  1. Install conky dengan mengetik di terminal:
    sudo apt-get install conky


  2. Download Conky lua disini dan kalau sudah selesai download, klik kanan - Extract Here. Di dalam hasil Extract-an tadi ada beberapa folder. Pilih salah satu folder dan klik kanan - Extract Here. Didalam folder ini ada beberapa file diantaranya clock_rings.lua, conkyrc dan logo.png

  3. Tinggalkan file - file yang sudah kita donwload tadi dan buat sebuah folder di home dengan nama ".conky" (agar terlihat foldernya tekan Ctrl+H) kemudian pindah/copy logo.png dari folder tadi ke folder ini.

  4. Buat sebuah folder lagi dengan nama ".lua", didalam folder .lua ini buat sebuah folder lagi dengan nama "scripts". Didalam folder scripts ini masukkan clock_rings.lua dari file yang telah diextract tadi.

  5. Setelah itu pindah/copy file "conkyrc" ke home dan rename menjadi ".conkyrc" (ditambah titik didepannya).

  6. Untuk cek ketik ini di terminal:
    conky


  7. Untuk selanjutnya biar bisa langsung nampak conky-nya tanpa buka di terminal kita masukkan conky ke Startup Applications. Tekan tombol bergambar Windows di keyboard dan ketikkan Startup Application (Ubuntu 11.10) atau cari di menu Startup Applications. Di Startup Application klik Add kemudian isikan sebagai berikut:
    Name: Conky
    Command: conky
    Comment: dikosongkan saja/ isi terserah Anda


  8. Restart.


Source

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Microsoft Windows / other / ubuntu dengan judul Cara mudah memasang Conky lua di Ubuntu. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bisidamuda.blogspot.com/2011/11/cara-mudah-memasang-conky-lua-di-ubuntu.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Bisidamu

Belum ada komentar untuk "Cara mudah memasang Conky lua di Ubuntu"

Post a Comment