HP hibahkan WebOS ke Komunitas Open Source

Jakarta - Meski telah menghentikan pengembangan webOS, Hewlett-Packard (HP) tampaknya merasa sayang jika riwayat sistem operasi (OS) ini tamat begitu saja. Sebagai gantinya, HP akan menyumbangkan webOS ke komunitas open source.

HP juga mengonfirmasikan, perusahaannya akan tetap aktif ikut ambil bagian dalam pengembangan webOS dan sepenuhnya mendukung OS yang dulu dimiliki Palm tersebut. Selain itu, dalam waktu dekat HP akan mengkontribusikan ENYO, aplikasi framework untuk webOS.

Keputusan HP menghentikan pengembangan webOS cukup mengejutkan. Padahal sebelumnya, HP tampak begitu menginginkan webOS dan rela merogoh kocek USD 1,2 miliar untuk membelinya tahun lalu. Namun kemudian, Agustus silam HP memutuskan berhenti berinvestasi di webOS dan tak lagi mengembangkan platform tersebut.

"webOS adalah satu-satunya platform yang dirancang khusus untuk perangkat mobile, terkoneksi dengan cloud dan dapat disesuaikan," kata CEO HP Meg Whitman, dikutip detikINET dari Cellular-news, Senin (12/12/2011).

Dikatakan Whitman HP ibarat melepaskan kreativitas kepada komunitas open source yang bertujuan memajukan perangkat dan aplikasi generasi terbaru. Secara garis besar, tujuan HP merangkul komunitas open source yakni untuk mempercepat pengembangan terbuka platform webOS. Software ini nantinya akan didedikasikan sebagai proyek open source murni.

SOurce.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Microsoft Windows / other dengan judul HP hibahkan WebOS ke Komunitas Open Source. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bisidamuda.blogspot.com/2011/12/hp-hibahkan-webos-ke-komunitas-open.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Bisidamu

5 komentar untuk "HP hibahkan WebOS ke Komunitas Open Source"

  1. follow blog'ku ya, ntar pasti aku follback http://andiweb3.wordpress.com

    ReplyDelete
  2. Thnx gan. . ,
    udah aku follback. . ,

    Salam kenal. . , :D

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah ada bantuan utk open source

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah Mas... Sudah sangat bagus untuk kemajuan Opensource selanjutnya...

    ReplyDelete