Tutorial Blender 3D 2.6 Modeling Simple Box Boy
Di tutorial kali ini saya akan membuat sebuah model manusia kotak sederhana. Tutorial ini hanya untuk pemula sekali, jadi yang sudah mahir silahkan berikan komentar agar saya juga bisa belajar lebih lagi. Oke, langsung saja, saya di sini menggunakan Blender 3D versi 2.63 di Sistem Operasi Linux Ubuntu 12.04, Anda bisa menggunakan Blender di Windows juga tapi harus Versi 2.5 keatas.
Perhatikan sebuah kotak kecil di kiri bawah yang menunjukkan tombol keypad dan mouse apa saja yang saya gunakan di video.
Sambil melihat video-nya, silahkan baca penjelasannya dibawah ini:
- Blender 3D sudah siap dengan Cube, Light dan Camera secara default;
- Saya memutar-mutar Scene dengan menahan Middle Click Mouse atau klik tengah mouse atau klik Scroll Mouse;
- Saya tekan Numpad 1 (Keyboard 1/ bisa dengan melalui View - Front) untuk melihat object dari depan;
- Saya Scroll Mouse keatas untuk memperbesar tampilan object;
- Kemudian pilih Scale Manipulator
- Kita tarik panah biru keatas sehingga mengikuti Sumbu Y seperlunya untuk badan;
- Kita klik lagi kembali ke Translate Manipulator;
- Kemudian kita tekan di Keyboard kombinasi tombol Shift dan D (Shift+D) untuk Duplikat dan klik kanan;
- Kita geser (Grap) hasil duplikat tadi ke kanan (untuk membuat lengan) dengan menarik panah berwarna merah sehingga mengikuti Sumbu X;
- Tekan S untuk Scale kedalam;
- Pilih Scale Manipulator lagi dan tarik panah biru sehingga mengikuti sumbu Z untuk membuat tangan sedikit panjang;
- Pilih Translate Manipulator dan grap atau geser tangan agar mendekati badan;
- Tekan Numpad 5 untuk menampilkan Orthogonal View (Kita tadi dari langkah 1 sampai 12 menggunakan tampilan Perspective View);
- Dengan tampilan Orthogonal, sela2 badan dan tangan terlihat jelas;
- Kita atur supaya tangan pas di badan setelah itu Shift+D lagi tangan kanan kita untuk membuat tangan kanan, geser ke kiri badan;
- Pilih tangan kanan dan kiri dengan klik kanan dan Shift kemudian di duplikat untuk membuat kaki;
- Pilih badan dan duplikat untuk membuat kepala;
- Klik Image atau keyboard F12 untuk melihat hasil render;
- Karena hasil render bagian depan masih gelap, saya pindah lampunya ke depan object;
- Kita kecilkan model kita dengan menekan tombol Shift dan klik kanan pada semua bagian object dan tekan S untuk Scale.
Sampai disini mungkin ada pertanyaan atau kurang jelas? Jika sudah paham, tutorial berikutnya membuat Manusia Kotak (Box Boy) ini bergerak yaitu menambakannya tulang/ bone. Video-nya silahkan di lihat di bawah ini. Untuk file hasilnya bisa di donwload di SINI.
Silahkan berkomentar jika ada pertanyaan atau saran. Happy blending... :)
Lanjutgan...
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDelete@Anonim Oke Gan... :)
ReplyDeleteTest
Deleteditunggu tutorial box boy bergeraknya :D
ReplyDeleteOke Gan... Masih proses... :D
Deletemantabs gan, makasih
ReplyDelete